Pengalaman Seleksi YES YP 2019/2020 || Batch 2!!!!!

Pengalaman Seleksi YES Program YP 2019/2020


Halo semua!!! Kali ini aku mau cerita tentang pengalamanku ikut seleksi YES program nih guys. Oh iya, first thing first, selamat datang di blog aku ya!! Sebenarnya ini pertama kali aku nulis di blog nih. Aku mikir gini, siapa tau ada yang butuh info pengalaman buat seleksi ini hahaha.

Oh iya, kalian udah pada tau ga apa itu YES Program atau KL-YES? Jadiii, KL-YES ini program beasiswa pertukaran pelajar dari USA nih. Nah, salah satu badan yang menangani mulai dari seleksi, hosting, sending dan segala macem di Indonesia itu namanya Bina Antarbudaya. Untuk info lebih lanjut boleh cek ig nya langsung ya gengs instagram.com/binaantarbudaya .
Sebenarnya sih, ada banyak jenis pertukaran pelajar nih guys, mulai dari KL-YES sendiri, terus ada AFS, dan Kakehashi Project. Nah khusus KL-YES ini, tujuan negaranya cuma ke USA gengs. Kalo AFS sih banyak. Mulai dari Spanyol, Swiss, Italia, Amerika Serikat, India, Prancis dan masih banyak yang lain. Kemudian kalo Kakehashi Project ini, khusus tujuan negara ke Jepang guys.
Terus untuk KL-YES ini kita dibiayain penuh sama US. Artinya, mulai dari tiket pesawat, biaya hidup, semuanya ditanggung sama US nih! Wih enak pasti dong! Kalo AFS ini, beasiswa parsial. Artinya kamu harus mengeluarkan biaya juga sih. Ya itung-itung, pengalamannya ga bakal tergantikan oleh apa pun. Oh iya, untuk KL-YES ini kamu bakal tinggal di Amrik 1 tahun pelajaran nih gengs. Trus gimana dong sekolah di Indo? Ya sekolah di Indonesia ditinggal dulu, maksudnya kamu cuti gitu setahun. Dan nanti pas udah balik kesini bakal ngulang setahun. Rugi ga? Ya enggak lah! Lagian ga semua orang bisa ngerasain tinggal di Amrik hehehe. 
Kalo AFS sih ada dua nih, pertama 1 tahun pelajaran dan yang kedua ada ada short program (3 Bulan) kalo ga salah sih. Pokoknya kalau kalian ingin tau lebih lanjut cek deh ig Bina Antarbudaya nya oke!

Oke langsung saja ya, aku mau cerita tentang perjalananku yang super duperrrr panjang buat menggapai mimpi aku tinggal di Amrik. Jadi, jangan bosan ya baca blog aku hehe.


1. Pendaftaran

Pertama kita bakal daftar nih guys di web resmi nya yaitu afsindonesia.org . Nah seleksi tahun ini dipisah guys. Biasanya itu, seleksi AFS dan KL-YES tingkat chapter itu digabung. Tapi sekarang AFS dan KL-YES dipisah nih. Ga tau juga sih kenapa. Dan kabar baiknya, it's free of charge!!! Kamu ga perlu keluar duut buat beli pin kaya tahun tahun sebelumnya.
Nanti, setelah verifikasi alamat email kamu, kamu diminta mengisi data diri kaya nama, umur ttl dsb. Pokoknya data diri gitu deh. Nah terus kamu juga harus menjawab beberapa pertanyaan yang disuguhkan menggunakan bahasa inggris. Pertanyaan yang aku inget itu kalo ga salah gini "Why do you want to join this program?" gitu deh. Nanti kamu jawab sejujur jujurnya!!! Ingat, jujur itu bakal nuntun kamu sampe berhasil. Terus nanti ada essay juga. Tenang, pake bahasa Indonesia kok. Ada beberapa pilihan topik nah terus kamu jabarin deh jawaban kamu. Setelah itu kamu harus verifikasi berkas dan kamu bakal diminta upload beberapa berkas kaya akte kelahiran, piagam dll.

2. Seleksi Berkas

Jadiiiii, form pendaftaran kamu tadi bakal diseleksi lagi nih sama nasional berkoordinasi sama chapter buat nentuin kamu lolos atau engga. Jadi, saat kamu sampe di seleksi ini kamu ga bisa ngapa-ngapain selain berdoa sama Tuhan. Ingat! Doa itu segalanya.

3. Seleksi Wawancara

Nah, kalo kamu dinyatakan lolos seleksi berkas, kamu bakal lanjut ke seleksi wawancara. Disini kamu bakal diwawancara sama pihak chapter. Waktu itu aku di wawancarain sama Kak Hengki dan salah satu returnee yaitu Kak Hening. Disini kamu bakal diwawancara dalam dua sesi, yaitu sesi bahasa Inggris dan sesi bahasa Indonesia. Nah kebetulan aku seleksi bahasa Inggris dan bahasa Indonesianya sama Kak Hengki dan Kak Hening nih hehe. Serius, kakak kakaknya ramah semuaaaaa. Pas wawancara aku sama sekali ga grogi, soalnya kakaknya kaya ngajak aku ngobrol gitu hehe. Asik deh pokoknya. Oh iya, aku punya tips buat kalian yang bakal ikut seleksi wawancara. Kunci nya, JANGAN BOHONG! Pokoknya jangan berbohong sama apa yang kamu ucapkan. Karena disitulah karakter kamu bakal keliatan sama Kakak Chapternya hehe.

4. Seleksi Berkas Nasional

Nah, habis wawancara ini, data diri kamu bakal dikirim ke nasional buat ditentuin kamu bakal lolos atau harus berhenti sampai disini. Yang kamu bisa hanya berdoa dan tetap optimis!! Aku inget banget waktu aku dapet pengumuman kelulusan waktu aku lagi disekolah hehe. Dan parahnya, HP aku habis kuota saat peristiwa menegangkan begitu gengs. Akhirnya temen aku, Boby, dengan baik hati meminjemkan HP nya buat aku pake sebentar hehe. Makasih Boby!!! Dan u know what? AKU LULUS GUYSS! Sumpah waktu aku liat aku lulus, aku bener bener teriak bahagia gitu sampe temen temen aku pada heboh karna aku hahahah. Btw, thanks a lot XI IPA 5 ALAFYUUU

5. Seleksi Nasional

Tadaaaa!!! Kalo kamu berhasil lolos wawancara kamu bakal lanjut seleksi nasional di Jakarta! Tenang guys, biaya buat ke Ibukota nya ditanggung penuh kok! Mulai dari tiket pp sampe makan kita ditanggung penuh!
Nah inilah momen paling berharga dalam hidupku. Karna aku chapter padang, aku masuk ke batch 2 nih aka BATCH CYDUK HAHAHHAHA! Mau tau kenapa dikasih nama Batch Cyduk? ntar ya aku cerita.
Perasaan aku awal dateng ke Hotel Gren Alia -tempat kami bakal seleknas- campur aduk banget. Mulau dati takut, semangat, bahagia, campur aduk deh deh pokoknya. Oh iya, karena kami udah saling kenal juga di media sosial jadi ga canggung canggung amat lah hahaha. Btw thanks buat Joey dan Amar yang udah bantuin aku buat ngumpulin nomor WA nya anak YES dari seluruh Indonesia ya wkwkwk. Terus, aku dapet kamar nomor 515 dan aku sekamar sama Dika!!!! Dika orangnya asikk banget, imut lagi hehe. 
Oke balik ke topik ya. Jadi aku berangkat dari Bandara Muara Bungo sekitar jam 9 dan sampe sekitar jam 10 lewat lewat dikit dah. Nah ternyata aku ketinggalan rombongan di terminal 2 guys! Gawat banget serius dah. Terus aku nelfon kak Fikar, salah satu kakak volunteer dari Bina Antarbudaya, dan aku diarahkan agar segera ke Terminal 1 karena disana lagi ngumpun anak-anak dari Samarinda, Medan, dan Bengkulu. Akhirnya aku naik mobil kesanmobil kesana. Dan pas aku sampe, aku ketemu banyakkkk temen! Ada Elizabeth, Michelle, Angga, Felix, Bunga, Syakira, Alyssa dan masih banyak yang lain. Akhirnya kami kenalan deh hehe.
Terus kami lanjut ke Hotel. Diperjalanan Kak Baya ngejelasin panjang lebar mulai dari temen sekamar, peraturan kamar, dan apa yang harus kami lakukan waktu pertama kali masuk hotel. Setelah itu aku sempet ngobrol sama Bunga dari Samarinda.
Saat aku sampe dihotel, aku diminta mengumpulkan mulai dari HP, jam tangan, dsb buat dititip dipanitia. Karena kami semua tidak dibenarkan buat menggunakan alat elektronik saat seleksi berlangsung.
Setelah itu aku masuk kedalam dan disuruh buat langsung sarapan sebelum masuk kamar. Dan disana aku ketemu mak Icha dan Steph!!! Nah mak Icha ini yang ngajak aku buat makan siang hehe. Baikkan mak Icha ku ini hehe. Trus pas aku lagi enak enaknya makan tiba tiba datanglah pasukan Chapter Padang and the genk!!! Uhhh kami langsung pelukan dong hehe. Ada Amar, Joey, Ara, Java, Tiara, Putri, Putri Nabila, Athira, Satria, Adjie, dan Fakhri. Maklum selama ini kami cuma VidCall doang hehe. Oke lanjut seleksinya nih.

1 . River Of Life
Disini kamu bakal diminta melukis sungai kehidupan kamu. Mulai dari kamu masih bayi, hingga kamu sampai di detik ini. Dikelompok ku ada Elizabet, Aliyya, Hakan, Dea dan yang lain. Aku sempet nangis pas cerita soalnya itu udah mengorek masa laluku. Dan aku juga sempet nangis denger cerita Aliyya karena yah bisa dibilang, Aliyya orang yang sangat kuat. Btw, Aliyya terima kasih udah beri aku pelajaran ya dari kisahmu hehe.
2. Dinamika Kelompok
Disini kamu bakal dibuat kelompok. Sebenarnya seru sih, kaya games gitu. Nah disini lah keterampilan bekerja sama kamu dinilai. Pokoknya jangan diem dan jangan terlalu mendominasi ya!
3. Psycho test
4. Wawancara
Disini kami dibagi jadi dua kloter. Kloter Pagi dan Kloter Siang. Kalo kamu dapet kloter siang enak banget ahahha. Soalnya kamu bisa tidur lagi dikamar. Aku dan Dika dapet kloter Siang alhasil kami tidur lagi sampe jam 11.
Di sesi wawancara ini ga dibagi kaya di chapter. Yang nentuin kamu bakal diseleksi pake bahasa apa itu tergantung interviewer nya. Bisa aja pake Bahasa indonesia full, bisa pake bahasa inggris full, atau campur. Nah aku dapet yang campur hehe.
5. Essay Bahasa Inggris
Disini kamu bakal menulis essay dalam bahasa inggris. Ada tiga pertanyaan yang harus kamu jawab pake bahasa inggris full! Dan kalo ga salah, kamu harus menuhin 3 lembar kertas itu kalo ga salah sih. Pokoknya jangan ngantuk deh hehe
6. ELTiS
Sampe ke seleksi yang terakhir yaitu ELTiS atau English Language Test for International Student. Disini kamu bakal di tes kemampuan bahasa Inggris dasar kamu. Kaya apa bahasa inggris dari √5, 3/4 dan sbg. Pokoknya jangan ngantuk deh! Soalnya telinga kamu harus cepet nangkepnya.

Dan akhirnya kami Pulang deh!
Oh iya aku mau cerita. Kenapa Batch 2 dijuluki batch cyduk? Jadi, pas malem malem terakhir kami seleknas, entah ide siapa yang merintahin semua anak batch 2 ngumpul dikamar Mona sama Ara, Kamar keramat anak batch 2, kamar 407. Awalnya kami cuma cerita cerita, ketawa ketawa, dan bully si Hakan yang ternyata cinlok sama Aliyya hahahha. Disana Alex dari chapter Palembang jadi bapak moderator kami. Dan tiba tiba Elizabeth masuk dan bilang kalo Felix, besok ultah. Akhirnya karena banyak banget makanan yang dibawa sama Tiar, kami buat deh kue low budget HAHAHAHA. Dan yang parahnya, rotinya ada yang hampi expired guys! Terus pas kami lagi asik banget ketawa ketawa, tiba tiba..

TOK TOK TOK

Reflek semua ngelihat kearah pintu. Dan disana berdiri kak Yanti, salah satu kakak volunteer. Seketika kami semua kicep hahaha. Kami ditanyain kenapa ngumpul satu kamar begini begini campur lagi cewe cowo. Ternyata peraturan hotel ga bolehin cowo cewe yang ga muhrim dalam satu kamar guys. Alhasil mak Icha penyelamat kami nyeletuk kalau kami mua surprise si Felix yang ultah. Alhamdulillah kakaknya percaya dan ngasih peringatan supaya ga terlalu ribut. Akhirnya kami kasih kejutan ke Felix yang ternyata udah tidur! HAHAHAHA.

Sampe ke hari terakhir kami seleknas. Sumpah aku ga berasa seleknas. Aku ngerasa kami hanya kumpul biasa dan have fun doang. Sedih sih bakal pisah sama mereka yang entah kapan bisa berjumpa lagi hiks. Sedih deh pokoknya! Hari terakhir kami diisi dengan lawakan dari bintang batch 2 HAKAN DAN ALEX HUEHEHEHE. Kami main teka teki sama kakak volunteer nya dan foto foto hehe.


Ini anak anak Cyduk Squad


ini anak anak ajaib dari chapter padang hehe



Oke panjang banget ya hahahaha. Intinya, kalian harus jadi diri sendiri. Pokoknya jadi diri sendiri. Karena yang seperti kamu itu ya hanya kamu. Kamu unik dengan caramu sendiri.
Pengalaman aku ikut seleksi ini banyak banget ngasih aku pelajaran dalam hidup. Kerja keras, keyakinan teguh dalam hati, optimis dan yang pasti bersyukur. Aku bersyukurr banget bisa ketemu orang-orang hebat dari seluruh Indonesia. Aku beruntung banget memiliki mereka yang bisa menerima aku apa adanya hanya dalam waktu singkat. Aku harap kita semua bisa ketemu lagi ya!

Daaannnn, akhirnya hasil seleksi nasional udah keluar guys! Dan alhamdulillah aku lulus seleknas. Sekarang lagi sibuk sibuknya dengan vaksin dan paspor hahaha. Doain ya semoga aku lancar urusannya sampe aku berhasil nginjak Amrik nih hehehe.

See u soon!

Komentar

  1. hai nandaaaa,,,,wah kamu masih inget semuanyaa, parah siih, tapi seleksi kita bener bener asik aku ga bakalan lupa seumur hidup, btw congratulations yaa semoga beruntung di US nya, konten blog nya sangat membantu sekali nan, jangan lupa berkunjung juga yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo joeeeee wahhh makasih udah mampir di blog hasil kegabutan aku yaa๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ see u in visa camp joeeee

      Hapus
  2. Haii nanduuu, aku jugaa bangga dn seneng punya roomate kaya kamuuu ,i will never forgot it promise me
    Laf laaaf, pkoknya bsok sekamar lagiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku juga senang kook punya roomate kek kamuu, oke aku mau kok sekamar sama kamu lagii..hehe

      Hapus
    2. hai dikaaaa, aku luv luv lu juga hahhaha hahhaha besok pas visa camp kita sekamar lagi ya aamiin๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  3. Halo, kak. Keren parah ceritanya. Bener-bener memotivasi aku buat ikut seleksi KL-YES. Aku mau tanya kak, untuk yang berangkat jumlahnya berapa orang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu aku si 80 orang totalnya terus 5 buat cadangan

      Hapus
  4. Halo kak, kalo boleh tau dari kota jambi kah?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visa Camp YES Program YP 19/20