Visa Camp YES Program YP 19/20

Hai hai!!!

Jadi di tulisan sebelumnya aku udah menceritakan tentang pengalamanku seleksi nasional YES Program nih. Setelah lolos seleksi nasional dan seleksi Internasional, para finalis akan ditemukan kembali dalam Visa Camp!!
Jadi kali ini visa camp dibagi menjadi 2 batch. Yaitu Batch Jakarta dan Batch Surabaya.

Batch jakarta akan melaksanakan visa camp dari tanggal 19-20 Mei 2019, sedangkan batch surabaya akan melaksanakan visa camp dari tanggal 20-21 Mei 2019.

Karena aku chapter padang, aku akan ikut visa camp di jakarta. Oh iya, chapter-chapter yang join di jakarta antara lain: Padang, Banda Aceh, Medan, Palembang, Pontianak, Samarinda, Bandung, Karawang, Yogyakarta, Bogor, Jakarta dan masih banyak yang lain. Bisa dibilang perpaduan antara anak Batch 2 seleknas dan sebagian anak Batch 3 seleknas deh.

Day 1

Setelah sampe di bandara soetta, anak anak finalis diminta untuk naik Bus Damri tujuan Gambir. Ga kaya seleknas kemaren yang anak anak nya dijemput pake bus, kali ini kami diminta untuk datang sendiri ke hotel. Hotel visa camp sama kaya seleknas kemaren, Hotel Gren Alia Prapatan. Jadi karna aku sendiri yang ga pake Garuda Indonesia (karena aku naik pesawat dari kota kecil ku) aku turun di terminal 2. Sedangkan teman teman yang lain pada turun di terminal 3, alhasil aku sendirian naik bus damri ke gambir yha.
Setelah naik bus dan turun du stasiun gambir, aku langsung otw hotel pake gojek dan ga mahal mahal amat lah. Paling kena 10 ribuan. Dan biaya dati bandara ke hotel juga bakal di reimburse sama kakak kakak binabud nya.
Sampenya dihotel aku kebagian kamar nomor 309 yang artinya aku sekamar sama Aliyya dari chapter palembang. Karena aku dateng belakangan, Aliyya udah duluan ke kamar.

Saat aku lagi nunggu Aliyya di lobby tiba tiba joe turun barengan sama Madde dari chapter Jakarta. Ga lama setelah itu Tiar dari chapter Palembang ikutan turun. Yey tim extend reunited.

Hari pertama bisa dibilang hari santai. Dari awal kedatangan sampe buka kami ga ada kegiatan. Tapi, setelah buka puasa sekitar jam 7 lewat lewat dikit, kami diminta untuk naik ke lantai M untuk briefing sebelum besok kami akan ke kedutaan AS buat ngurus masalah visa.

Saat briefing ya gitu deh, bahas apa aja yang bakal disiapin sebelum interview visa, tanda tangan segala dokumen dan bahas masalah pertanyaan apa aja yang bakal muncul saat interview nanti. Interview kali ini kami dibimbing sama kak Sari dan kak Kreshna.

Setelah briefing kami pun kembali ke kamar masing-masing. Ada sebagian anak anak kumpul kumpul untuk mengulang kesalahan di waktu seleknas😂. Tapi karena aku sakit kepala aku ga ikutan kumpul sama mereka.

Day 2

Semua anak batch Jakarta udah siap siap dilobby. Kami semua memakai pakaian batik rapi. Sebelum otw ke kedubes AS, we taked some pictures lah yha.
Setelah itu, kami mengikuti kak Sari berjalan ke kedubes AS karena ga jauh jauh amat lah dari hotel. Setelah sampe kami diperiksa gitu sama bagian keamanannya, ambil tanda pengunjung, meriksa berkas, ambil nomer antrian dan menunggu giliran interview.

Saat bagian aku, aku ketemu sama native speaker nih hahaha. Pertanyaan nya ga sulit sulit amat lah.

Interviewer : Wow that's look good on u (sambil liat baju batik ku)
me : Oh my god thank you so much, u too
interviewer : So, what's ur name?
me : Hello, my name is Ananda but u can call me Nanda if u want.
inter: Okay i'll call u Nanda. Nanda, have u got ur placement yet?
me: Yep, i'll going to Orem City in Utah state.
inter: Wow that's really great state u know. Sun shining si bright there and hot when summer but also so cold when its winter. i hope u prepare for that.
me: thank u so much for ur information
inter: okay good, congratulations this is ur visa card and it will out on 22nd may. Have a great year in USA.
me: OMG thank you so much

yha begitu lah sesi interviewnya. Ga susah amat lah ya.

Setelah interview mereka yang ada flight sore atau malem langsung otw soetta. Karena aku flight nya besok pagi, jadi aku balik ke hotel deh bareng anak anak pontianak.

Selesai yeayy.

Kalo kalian punya pertanyaan seputar YES Program kalian bisa kontak aku di email : anandaraisya12@gmail.com atau juga bisa lewat DM Instagram: @anandaraissaa